Selasa, 14 Juni 2011

"Uyekan" Tradisi Unik di Loram Kulon Jati Kudus



“Uyekan” , Tradisi Unik di Nongko Payak Loram Kulon Jati Kudus

Lebah indah – Tradisi yang unik ada banyak di Loram Kulon Jati Kudus, lihat saja seperti : Sego kepel, Ampyang MAulid, dll. Yang mana satu ini kami akan berbicara tentang “Uyekan” aneh ya? Bukan lagi aneh bila ini ada di Loram Kulon.

“Uyekan” bahasa yang penulis pilih dalam tradisi ini, yaitu ini adalah peringatan di setiap bulan Syuro dalam penanggalan Islam Jawa, yang mana di setiap bulan ini ada peringatan pemberian santunan bagi para anak-anak YAtim piatu di sekitar Musholla Nongko PAyak. Para anak-anak ini di undang ke Musholla/masjid untuk melakukan do’a bersama bersama masyarakat, setelah itu para penghadir mengumpulkan uang yang di masukan dalam kotak/ tempolong. Uang yang terkumpul akan di hitung dan akan di bagikan bagi para anak-anak yatim yang hadir saat itu. Setelah itu para anak-anak yatim ini berdiri di depan para penghadir, berdiri, sambil melantunkan sholawat para penghadir menguyek/ mengusap rambut yang ada di kepala para bocah yatim itu.

Jadi bayangkan, bila ada 200 penghadir saat itu dan mengusap rambut bocah-bocah itu. TApi mengusap dengan pelan. Hal ini untuk menunjukan bahwa hal itu sebagai bentuk dari kasih saying kepada anak yatim. Hidba’ Rasul.

Ada yang ingin mengusap rambut anak yatim? Datang aja di Loram Kulon Nongko Payak Jati Kudus di bulan Syuro. (Abu Nayya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

salam persahabatan