Minggu, 07 Agustus 2011

Tips Mudik Lebaran Syawal 1432 H


Tips Mudik Bermanfaat

Lebah indah – Ini adalah tips sederhana bagi anda yang akan melaksanakan Mudik lebaran 1432 H tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang. Tipsnya antara lain yaitu ,(satu dan yang utama):

  1. Jika mudik usahakan membawa oleh-oleh selain untuk keluarga juga sediakan oleh-oleh untuk tetangga.

Sebab hal ini sangat menyentuh hati bagi saudara, keluarga dan tetangga. Bayangkan jika pulang kampong kita tidak membawa oleh-oleh satu bungkus pun? Apa yang akan di kenang (dengan indah) orang yang akan kita datangi?

Hal ini muncul karena ada kejadian nyata di Jati Kudus. Ada orang yang sukses di Jawa Timur, setiap lebaran selalu Mudik ke kampong di Jati Kudus. Tetapi anehnya tidak pernah membawa oleh-oleh, shodaqoh dll, baik untuk keluarga atau tetangga. Walaupun mudik membawa Mobil mewah.

Yang menyedihkan adalah setiap melakukan mudik selalu memborong PETASAN di desa itu, dan membunyikan di depan rumah, naifnya lagi dana membeli petasan itu mencapai juataan rupiah.

Ini adalah kisah nyata yang memnorehkan kesan tidak baik bagi keluarga dan tetangga. Ada di Kudus Indonesia.

Hikmah yang harus kita ambil untuk berubah lebih baik adalah, usahakan bila kita mudik membawa oleh-oleh atau Shodaqoh untuk para keluarga dan tetangga sekitar. Misal dengan membagikan Mie instant satu dos untuk setiap tetangga atau uang 50 ribu dll. Kesan yang akan di ambil oleh tetangga dan keluarga akan indah. Minimal kita akan selalu di doakan dan di rindukan kehadiran kita setiap mudik. Bayangkan bila kita memborong petasan dengan jutaan dana tanpa memberi hadiah/shodaqoh untuk keluarga dan tetangga? Kita tak akan di harapkan kehadiran kita. Mengenaskan lagi orang-orang akan berdoa bagi sifat ini semoga tidak mudik di kampong itu. Mengenaskan.

Wallahu ‘Alam. (Papata)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

salam persahabatan