Minggu, 17 Juli 2011

Bodo/Hari Raya Puli dan Apem di Loram Kudus Kudus


Lebah indah- Ada yang unik dan menarik lagi di Desa Loram Kulon JAti Kudus, yang mana tiap malam 15 bulan Sya'ban, ada peringatan Bodo Puli atau disebut Hari Raya Puli. Puli itu makanan dari nasi yang di olah menjadi jajanan, dengan di campur Bleng.

Kegiatan rutin ini di adakan oleh sebagian besar masyarakat di Loram, pelaksanaannya ada di Musholla atau masjid setempat. Pelaksanaan habis Magrib, masyarakat datang dengan membawa jajan Puli dan Apem serta jajan lainnya. Setelah itu jajanan/makanan di kumpulkan jadi satu untuk di bungkus dengan jumlah orang yang hadir. JAdi tidak semua yang hadir bawa jajanan, kebanyakan ibu-ibu yang membawanya.

Tetapi sebelumnya, sesepuh membaca do'a dengan membaca surah Yasiin 3 kali, setelah itu berdoa dengan doa khusus bulan Sya'ban. Setelah selesai jajan puli dan lainnya di bagi kan ke penghadir.

JAdi, tiap bulan sya'ban tepatnya malam 15 Sya'ban di Loram Kulon akan penuh dengan Puli. MAu coba menukmati Bodo Puli? silahkan datang satu tahun lagi di Loram. JAngan lupa bawa Puli dan Apem. (Abu Nayya/Papata)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

salam persahabatan