Minggu, 02 Oktober 2011

Soal Mid Semester Gasal Qur'an HAdis MTs

Lebah indah- Ini adalah sebuah soal Qur'an HAdis kelas VII, VIII, danIX MTs. HAsyim Asy'ari I Kudus.

Soal Kelas VII MTs. :

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf A,B,C,D pada lembar jawab yang tersedia !

1. Al-quran adalah sebagai bukti bahwa Allah bersifat…

a. Kalam c. Iradat

b. Qudrat d. Hayyat

2. Wahyu Allah yang diturunkan pada nabi Muhammad ada yang tidak tercantum dalam Al-Qur’an, wahyu tersebut disebut…

a. Wahyu abadi c. hadits Qudsi

b. Hadits shohih d. hadits mutawatir

3. Al-Qur’an adalah sumber hukum Islam yang pertama, karena

a. Tidak bias ditiru siapapun

b. Tidak satupun penyair arab yang dapat menandinginya

c. Al-qur’an adalah wahyu dari Allah SWT sehingga kebenarannya mutlak

d. Al-Qur’an berisi banyak aturan

4. Berikut ini adalah unsur hadis nabi, kecuali…

a. Ucapan c. takrir

b. Perbuatan d. mimpi beliau

5. Surat Al-Hujurot 13 menerangkan tentang …

a. Penciptaan alam semesta c. prinsip kehidupan bertetangga

b. Penciptaan alam d.kehidupan dalam rumah tangga

6. Pengertian hadis menurut bahasa adalah..

a. Baru c. perjuangan

b. Kisah d. legenda

7. Surat An-Nisa’ayat 34 menjelaskan tentang…

a. Kemenangan laki-laki atas nwanita

b. Kelemahan-kelemahan wanita

c. Kepemimpinan suami istri dalam rumah tangga

d. Kekuasaan laki-laki yang tak terbatas

8. adalah hadis tentang

a. Zakat c. sholat

b. Puasa d. haji

9. Sikap seorang muslim dalam menerima hokum dari Allah adalah..

a. Menolak jika tidak sesuai keinginan

b. Menerima walaupun terpaksa

c. Menerima dengan sepenuh hati

d. Menolak mentah-mentah

10. Adalah ayat yang menerangkan untuk..

a. Bermusyawarah c. saling berlomba dalam kebaikan

b. Saling menasehati d. merendahkan diri

11. Pada saat nabi Muhammad diutus masyarakat makkah terkenal dengan sebutan..

a. Masyarakat jahiliyah c. masyarakat madani

b. Masyarakat modern d. masyarakat berkembang

12. Yang dimaksud cahaya yang terang yang dibawa nabi Muhammad adalah…

a. Bersinarnya matahari c. hidup yang lebih makmur

b. Petunjuk Islam d. hidup yang kaya raya

13. Pengertian Al-Furqon adalah

a. Peringatan c. penerang

b. Petunjuk d. pembeda

14. Al-Qur’an tidak membicarakan hokum binatang buas yang bertaring, dalam hal ini hadis berfungsi sebagai..

a. Pembatas keumuman ayat c. penjelas ayat

b. Pengukuhan hokum d. penetapan hokum

15. Potongan ayat tersebut memberi pelajaran kepada kita agar…

a. Saling menasehati c. berlomba dalam kebaikan

b. Saling tolong menolong d. merendahkan diri

16. Sikap mencintai Al-Qur’an dan Hadis termasuk perkara…..dalam Islam

a. Mubah c. sunnah

b. Wajib d. makruh

17. Mencintai Al-Qur’an mengandung unsur-unsur perasaan sebagai berikut, kecuali…

a. Kagum c. setuju

b. tertarik d. heran

18. Kecintaan terhadap Al-Qur’an tidak mudah dimiliki selama….

a. Tidak pandai membacanya c, tidak mengetahui isinya

b. Tidak mampu menghafalnya d. tidak fasih membacanya

19. Seorang yang mengaku mencintai Al-Qur’an konsekwensi logisnya dia harus mencintai…

a. Bangsanya c. Allah

b. Semua mahluk d. orang tuanya

20. Berikut ini termasuk perilaku yang menunjukkan cinta pada Al-Qur’an dan Hadis adalah…

a. Menyimpannya sebagai jimat

b. Memperjualbelikannya

c. Memberinya minyak wangi

d. Mempelajari dan mengamalkannya

21. Orang yang mencintai Al-Qur’an dan Hadis akan menempatkan keduanya…

a. Menurut situasi dan kondisi

b. Menurut kepentingannya

c. Diatas segala-galanya

d. Sejajar dengan hokum yang berlaku

22. Sebagai seorang muslim mencintai Nabi Muhammad diwujudkan dalam bentuk…

a. Memperingati mauled Nabi

b. Meziarahi makam beliau

c. Melestarikan sunnah beliau

d. Menggunakan nama beliau

23. Salah satu bentuk mencintai Al-Qur’an dan Hadis adalah…

a. Membawanya setiap saat

b. Membacanya setiap hari

c. Mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadis dalam kehidupan sehari-hari

24. Berdasarkan hadis riwayat Malik, dua hal yang menjadi pedoman manusia adalah…

a. Al-Qur’an dan Ijmak

b. Al-Qur’an dan pendapat sahabat

c. Al-qur’an dan Qiyas

d. Al-qur’an dan hadis

25. Mempercayai al-Qur’an termasuk rukun iman yang ke..

a. 1 c.3

b. 2 d.4

26. Potongan ayat tersebut menjelaskan bahwa…

a. Untuk mencintai Allah diperlukan perjuangan

b. Mencintai Allah da Rasulnya harus melebihi yang lain

c. Jika mencintai Allah, maka harus mengikuti RasulNya

d. Tidak ada syarat apapun dalam mencintai Allah

27. Potongan ayat tersebut berisi penjelasan …

a. Orang yang cinta pada Allah akan selamat

b. Orang yang cinta pada Allah akan banyak rizqinya

c. Orang yang cinta pada Allah akan dicintai Allah dan diampuni dosanya

d. Orang yang cinta pada Allah akan mendapat pahala yang banyak

28. Diantara manfaat mencintai Al-Qur’an adalah, kecuali…

a. Medapat petunjuk c. mendapat rahmat

b. Obat penyejuk hati d. kegelisahan hati

29. Rajin mendatangi dan mendengarkan pengajian dalam yang membahas ilmu Al-Qura’an dan Hadis , termasuk ciri…

a. Orang yang cinta orang tua

b. Orang cinta Al-Qur’an dan Hadis

c. Orang yang cinta allah dan Rosulnya

d. b dan c benar

30. Jika melihat ajaran Al-Qur’an diremehkan orang kafir, maka sikap umat islam…

a. Mendiamkannya

b. Melawannya dengan keras

c. Memeranginya dengan kasar

d. Mensikapinya dengan sikap yang bijaksana.

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !

1. Apa pengertian Al-Qur’an menurut bahasa dan istilah?

2. Apa pengertian Hadis menurut bahasa dan istilah?

3. Sebutkan dan jelaskan jelaskan fungsi Al-Qur’an !

4. Apa fungsi hadis secara umum?

5. Bagaimana penerapan Al-Qur’an dan Hadis dalam penerapan hidup sehari-hari?


Soal Kelas VIII :

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf A,B,C,D pada lembar jawab yang tersedia!

1. Qolqolah menurut bahasa artinya…

a.panjang b. berhenti c. pantulan d. berkata

2. Melafalkan huruf tertentu dalam satu kalimat dengan suara memantul dari mahrojnya disebut…

a.mad b. idghom c. iqlab d. qolqolah

3. Bacaan qolqolah bisa terjadi apabila huruf qolqolah berharokat…

a.tidak berharokat b.berharokat c. berdiri sendiri d. sukun

4. Huruf qolqolah dikumpulkan pada lafal…

a. b. c. d.

5. Bacaan qolqolah dibagi menjadi….bagian

a.satu b. dua c. tiga d. empat

6. Huruf qolqolah yang terletak diakhir kalimah yang dibaca sukun disebut qolqolah..

a.sughro b. kubro c. wustho d. ula

7. Qolqolah ….bisa terjadi apabila huruf akhir kata berharokat sukun

a.sughro b. kubro c. wustho d. ula

8. Kata tersebut adalah contoh qolqolah….

a.kubro b. sughro c. wustho d. ula

9. Kata tersebut adalah contoh qolqolah….

a.kubro b. sughro c. wustho d. ula

10. Karena huruf Qolqolah itu pantulannya /getarannya lebih besar dibandingkan dengan yang lain,maka disebut qolqolah…

a.akbar b. kabir c. sughro d. kubro

11. Contoh lam jalalah yang dibaca tarqiq..

a. b. c. d.

12. Bila ada mad asli bertemu dengan huruf hidup dalam satu kalimat dan huruf sesudah mad dibaca sukun karena waqof disebut…

a.mad shilah b. mad thobi’I c. mad aridlisukun d. mad jaiz munfasil

13. Panjang mad arid lissukun adalah …..harokat

a.satu b. enam c. tiga d. lima

14. Diantara contoh mad arid lissukun adalah…

15. Nun mati atau tanwin jika ketemu dengan huruf hijaiyah 28 mempunyai hokum bacaan…

a.satu b. dua c. tiga d. empat

16. Yang dimaksud rizeqi adalah…

a.kebutuhan pokok manusia c. aneka bahan makanan dan minuman

b.sesuatu yang menyenangkan d. segala yang berdaya guna bagi kehidupan

17. Rizeqi juga berarti anugrah, yaitu…

a.yang menyenangkan c. yang bermanfaat

b.pemberian Allah SWT d. kuasa Allah SWT

18. Oksigen yang kita hiruf setiap saat juga termasuk oksigen karena…

a.sangat bermanfaat bagi manusia untuk dapat bertahan hidup

b. Allah telah menyediakannya

c. Manusia tidak perlu mencarinya

d. oksigen berada di lingkungan hidup manusia

19. Rizeqi yang paling tinggi nilainya dalam kehidupan manusia adalah..

a.petunjuk agama c. makanan dan minuman yang kita konsumsi

b. oksigen yang selalu kita hirup d. postur tubuh yang indah

20. Orang kurays berdagang ke Syam pada…

a.setiap musim b. musim dingin c. musim panas d. musim haji

21. Arti QS.Al-Insyiroh ayat 3 yang memberatkan punggungmu. Yang dimaksud kata gantimu pada ayat ini adalah NAbi Muhammad SAW karena…

a.firman tersebut ditujukan kepada beliau

b.beliau hanya memperoleh sedikit pengikut

c. beliau merasa berat dalam melaksanakan tugas dakwah.

d. beliau selalu mendapat rintangan dalam berdakwah.

22. QS.Al-Insyiroh yang berarti motifasi pada nabi Muhammad terungkap dalam ayat…

a.2 dan 3 b. 3 dan 4 c. 4 dan 5 d. 5 dan 6

23. Didalam surat Al-Insyiror terdapat…. perintah yang harus kita lakukan.

a.satu b. dua c. tiga d. empat

24. Didalam surat Al-Insyiror , perintah memanfaatkan waktu terdapat pada ayat….

a.5 b. 6 c.7 d.8

25. Perintah memanfaatkan waktu terdapat pada kalimah…

a. b. c. d.

26. Rosulullah dilahirkan kedunia dengan membawa risalah kenabian. Yang dimaksud risalah kenabian adalah…

a.tugas kenabian b. warisan kenabian c. sertifikat kenabian d. surat kenabian

27. Manusia ……tidak akan bisa menghitung rizqi yang dianugerahkan oleh Allah.

a.mungkin b. pasti c. barang kali d. bisa saja

28. Kebiasaan orang-orang quraisy pergi berdagang dimusim dingin dan musim panas,hal tersebut diterangkan dalam surat…

a.al Insiroh b. Al Quraisy c. At Takasur d. Al Kafirun

29. Yang menjadi petunjuk hidup manusia di dunia ini adalah…

a.teman b. agama c. akal pikiran d. berdagang

30. Orang – orang Quraisy pada zaman dahulu mata pencahariannya adalah….

a.pegawai negeri b. merantau c. petani d. berdagang

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !

  1. 1. Apa perbedaan qolqolah kubro dan qolqolah sughro ?
  2. 2. Sebutkan bacaan nun mati atau tanwin jika bertemu dengan huruf hijaiyyah 28,
  3. Dan berikanlah contohnya masing-masing!
  4. 3. Apa saja yng menjadikan bacaan ro’tafkhim, sebutkan!
  5. 4. Apa pengertian rizqi, jelaskan !
  6. 5. Sebutkan rintangan yang dihadapi nabi dalam perjuangan !
Soal kelas IX :

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf A,B,C,D pada lembar jawab yang tersedia!

1. Arti mad menurut bahasa adalah…

a.panjang b. pendek c. dipanjangkan d. boleh dibaca pendek

2. Mad shilah terbagi menjadi…

a.1 b. 2 c. 3 d. 4

3. Arti shilah menurut bahasa adalah…

a.kemudian b. terhubung c. hubungan d. sampai

4. Menurut bahasa Qosiroh berarti..

a.panjang b. pendek c. panjang atau pendek d. berhenti

5. Panjang bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi adalah…

a.3 alif b. 4 alif c. 5 alif d. 6 alif

6. Dibawah ini contoh bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi…

a. b. c. d.

7. Panjang mad lazim mutsaqqol kilmi adalah…

a.5 harakat b. 6 harakat c. 7 harakat d. 8 harakat

8. Dari segi bahasa kata farqi mempunyai arti…

a.penyambung b. panjang c. pembeda d. menjelaskan

9. Panjang bacaan mad farqi adalah…

a.3 harakat b. 4 harakat c. 5 harakat d. 6 harakat

10. Mad farqi dibaca panjang dengan tujuan …

a.membedakan antara kalimat Tanya dan bukan kalimat Tanya

b.membedakan antara kalimat berita dan kalimat Tanya

c. suatu pertanyaan

d. memperdalam pemahaman kalimat Tanya

11. Kalimah tersebut adalah contoh bacaan mad…

a.lazim musaqqal kilmi b. lazim mukhaffaf kilmi c. farqi d. lain

12. Lafal berikut terdapat pada surat….

a.Yunus ayat 59 b. An NAml ayat 59 c. Al An’am ayat 143 d.Yaasiin ayat 143

13. Hukum bacaan mad farqi terdaoat dalamQS>Al-an’am ayat…

a.143 b. 144 c. 143 dan 144 d. 145 dan 146

14. Surat Al-Qoriah berjumlah … ayat

a.10 b. 11 c. 12 d. 13

15. Percaya akan adanya hari Qiyamat termasuk rukun Iman ke….

a.2 b. 3 c. 4 d. 5

16. Fenomena alam yang tergambar dalam surat Al-Qoriah adalah..

a.terjadinya bencana alam karena ulah manusia

b.gambaran peristiwa pada saat terjadinya hari kiamat

c. peristiwa biasa yang dialami semua manusia

d.seperti dedaunan yang ditiup angina

17. Arti potongan ayat tersebut adalah…

a.seperti laron berterbangan b.gunung-gunung seperti bulu yang dihamburkan

b.kupu-kupu berterbangan c.seperti dedaunan yang ditiup angin

18. Pada hari Qiyamat semua anggota tubuh akan menjadi saksi, kecuali…

a.kedua tangan b. badan kita sendiri c. kedua kaki d. mulut kita

19. Pada saat terjadinya hari Qiyamat manusia sepertilaron yang berterbangan, hal tersebut terdapat pada Qs.Qoriah ayat…

a.1 b. 2 c. 3 d. 4

20. Pertanyaan Allah kepada Nabi Muhammad tentang “ Apakah hari Qiyamat “ mengandung maksud…

a.menguji kecerdasan NAbi Muhammad

b. Allah SWT lebih tahu tentang terjadinya hari kiamat

c. agar pertanyaan itu benar-benar mendapat perhatian khususu dari Nabi

d. Nabi lebih paham tentang terjadinya hari kiamat.

21. Maksud dari QS.Waqi’ah ayat 2 tersebut adalah…

a.menjelaskan tanda-tanda hari kiamat

b. datangnya hari kiamat tidak dapat dielakan

c. hanya Allah SWT yang tahu akan datangnya hari kiamat

d. fenomenan alam ini merupakan sebagian dari hari kiamat

22. Lanjutan potongan ayat tersebut …

a. b. c. d.

23. Setelah manusia dibangkitkan dari kubur akan suatu tempat yang bernama…

a.padang rumput b. padang mhsyar c. surge Allah SWT d. YAumul jaza’

24. Lafal tersebut mempunyai arti …

a. b. c. d.

25. Dalam surat Al-Zalzalahdijelaskan bahwa bumi telah mengeluarkan beban berat yang dikandungnya, fenomena yang terjadi adalah..

a.datangnya hari kiamat ditandai dengan guncangan yang dahsyat

b. kendungan isi bumi yang semakin banyak sehingga tidak mampu menahan lagi

c. karena ulah manusia akan kecerobohan penggundulan hutan

d. karena usia bumi yang sudah tua

26. QS.Al-Zalzalah berjumlah … ayat

a. 7 b.8 c.9 d.10

27. Semua manusia akan dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan berkelompok, peristiwa tersebut terjadi pada alam…

a.yaumul mahsyar b.yaumul jaza’ c.yaumul hisab d.yaumul ba’as

28. Arti ayat yang bergaris bawah tersebut adalah…

a.bergembira b. mabuk c. berduka d. terguncang

29. Menurut penjelasan ayat tersebut orang yang mendapatkan

kehidupan memuaskan adalah…

a.orang yang mendapat rizki cukup

b. orang yang timbangan amalnya lebih berat

c. para dermawan yang suka mendermakan hartanya

d. orang yang timbangan amal buruknya lebih berat

30. Ayat tersebut menunjukkan bahwa…

a.perintah Allah SWT kepada bumi untuk mengeluarkan beban berat yang dikandungnya sebagai tanda kiamat telah tiba.

b. Allah SWT telah menghidupkan kembali para makhlukNya

c. Allah SWT yang mengetahui kapan datangnya hari pembalasan.

d. hari dimana manusia tidak bisa mengelak lagi.

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !

1. Sebutkan macam-macam mad shilah ?

2. Apa pengertian mad lazim mutsaqqol kilmi?

3. Apa yang dimaksud mad farqi?

4. Tulislah QS. Al-Qori’ah ayat 1 sampai 5 !

5. Apa isi kandungan QS.Al-Qoriah ayat 1 sampai 5 !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

salam persahabatan