Minggu, 16 Februari 2014

Bermain dan Belajar di Sekolah Indonesia



Bermain itu belajar
Oleh : Tain “Abu Nayya”

Lebah Indah – Bermain itu setara dengan belajar, jadi jangan pernah punya anggapan jika bermain itu tidak belajar. Janagan pernah beranggapan pula bahwa bermain itu tidak serius, bermain itu keseriusan. Hanya saja keseriusan yang mengalir dengan alami dan indah, tidak di buat-buat.

Anak usia TK hingga lulus SMP/MTs itu cara belajar mereka itu seharusnya dengan bermain. Karena jiwa mereka masih anak, berbeda dengan tingkatan SMA dan perguruan tinggi. Bermain itu belajar, bermain itu serius.


Siapa yang mau membantah jika pemain terbaik dunia pemegang ballon d’or 3 kali berturut-turut Leonel Messi itu tidak serius dalam bermain sepak bola? Dia sangat serius, tapi aktifitas dia di sebut bermain sepak bola, pemain sepak bola. Dia belajar dan serius dalam bermain sepak bola.

Selanjutnya tugas anda jika seorang pendidik, tugas anda sebagai orang tua, tugas anda sebagai orang yang dewasa, mari ciptakan poses belajar bagi anak didik usia TK hingga SMP/MTs untuk selalu bermain dalam proses belajar. Sebab di bermain itu belajar dan serius. Jangan pernah batasi minat dan bakat anak, jangan memaksa ego anda kepada anak. Biarkan anak berkembang sesuai dengan bakatnya, kita orang dewasa hanya membimbing dan mengarahkan. Anda tidak punya otoritas untuk memaksa anak untuk mengikuti egoism anda.

Salam cerdas dan santun.


*: penulis adalah seorang pemulung kebajikan di majlis ilmu di alam raya ini. Tain Abu Nayya, Owner Lebah Indah Collection.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

salam persahabatan