Minggu, 16 Februari 2014

Lebah, Kehidupan dan Perjuangannya



Lebah, tidak akan mati sebelum bermanfaat
Oleh : Tain “Abu Nayya”

Lebah indah- Tulisan satu ini akan memaparkan kehidupan lebah, ea lebah yang mana lebah indah collection terinspirasi dari perjuangan dan kehidupannya.

 Selain kupu-kupu, lebah juga rajin mencari madu. Ia termasuk serangga dan dinamakan apis mellifera. Bentuk tubuhnya berbeda-beda dalam satu koloni, yaitu bergantung tugas yang di sandangnya.

Masyarakat lebah amat unik. Dalam satu kelompok terdapat lebah pekerja, tentara, jantan dan seekor ratu. Pada waktu akan kawin, lebah ratu terbang menari di udara. Lebah-lebah jantan akan mengikuti dan berebut mendekati. Setelah terjadi perkawinan, lebah jantan akan mati dan lebah ratu akan mencari sarang baru untuk bertelur dan membentuk koloni baru.

Lebah tentara bertugas menjaga keamanan dan ketertiban kelompok, serta melindungi sarang. Sedangkan lebah pekerja, bertugas mengumpulkan madu untuk member makan seluruh kelompok lebah. Lebah pekerja yang menemukan tempat makanan, selanjutnya akan menari di udara memberitahu yang lain. Tarian ini mempunyai kode tertentu sehingga temannya mengetahui arah yang harus dituju agar dapat menemukan lokasi makanan tersebut.


Lebah mempunyai sengat untuk mempertahankan diri, yaitu di ujung perut bagian belakangnya. Namun pada umumnya, lebah menemui ajal setelah menyengat.

Lebah madu dimanfaatkan manusia untuk memproduksi madu asli. Koloni lebah ini dipelihara dan di sekitar peternakan ditanami bebungaan, biasanya bunga matahari.


Demikian ulasan singkat tentang lebah, dan kehidupannya. Semoga kita dapat mengambil hikmah di balik penciptaan dan perjuangan lebah.
Tulisan ini di ambil dari buku Ensiklopedi anak nasional, hal.120 tahun 2011 yang disusun oleh Dwi Djoko Pamungkas dan kawan-kawan, oleh Tain salwa owner “lebah indah collection”. Salam cerdas dan santun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

salam persahabatan