Sabtu, 15 Februari 2014

Pendidikan Untuk Mendekatkan Diri Kepada Tuhan



Pendidikan Untuk Mendekatkan Diri Kepada Tuhan
*Tain Abu Nayya

Lebah indah- Berbicara tentang pendidikan ini sangat menarik, sebab hampir semua aspek dari kehidupan ini didasari oleh pendidikan. Baik kita sebut itu pendidikan formal, informal maupun nonformal. Tetapi semua itu adalah pendidikan.

Ada yang lebih menarik untuk di perjuangkan dalam sebuah pendidikan, yang di mulai dari pengertian pendidikan dari berbagai pakar dan tokoh, menuju sebuah esensi yang harus dibangun dan di perjuangkan. Yaitu pendidikan untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan. Di jenjang manapun pendidikan itu berproses.

Ya, pendidikan harus lebih bias menjadi sarana untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Semakin tinggi pendidikan yang di tempuh oleh seseorang harus lebih bisa mendekatkan diri kepada Tuhan. Mendekatpada Tuhan bukan hanya jasadnya saja, bukan hanya raganya saja, tetapi ruh, hati juga akhlaq setipa harinya harus selalu dekat kepada Tuhan.

Pendidikan yang selalu di gembar-gemborkan sebagai perubah karakter seseorang untuk lebih baik tidak akan tercapai bila pendidikan itu hanya di dasari pada tujuan, kebutuhan yang bersifat material belaka, dengan mengesampingkan kebutuhan ruh, hati dan akhlaq. Pertanyaan yang timbul sekarang adalah bagaimana pendidikan di Negeri  Indonesia ini? Sudahkah bias menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Tuhan? Atau malah menjadi sarana untuk dekat kepada setan dan jauh dari Tuhan?

Koruptor di negeri ini apakah tidak berpendidikan? Meraka sangat mengerti dan ikut proses pendidikan. Tapi pendidikannnya menjauhkan kepada Tuhan. Profit orientet yang menjadi tujuan saat berproses dalam pendidikan.  Dan masih banyak lagi pejabat berpendidikan yang kelakuannya sebagai teman setan, jauh dari Tuhan. (doa kita semoga tidak ada )

Banyak faktor yang mempengaruhi sebuah pendidikan bias menjadi sarana untuk mendekatkan kepada Tuhan. Diantaranya :

1.       Faktor yang ada pada diri sendiri.
2.       Faktor Orang tua
3.       Faktor Guru pendidik
4.       Faktor Lingkungan

Jika salah satu factor ini tidak baik, artinya tidak mengajarkan, mendidik, mempengaruhi untuk menyapa Tuhan/ mendekat kepada Tuhan, jangan bermimpi pendidikan akan berhasil. Bermimpi saja jangan karena mustahil bisa. (berbeda jika Tuhan berkehendak). Tapi usaha manusia tetep yang pertama di lakukan sebelum bertawakal.

Pendidikan adalah sarana mendekatkan kepada Tuhan. Tidak untuk yang lain.

*: penulis adalah pemilik usaha “lebah indah Collection”, juga buruh di sebuah madrasah swasta di Kudus, di barengi dengan aktifitas sebagai mahasiswa di UMK Kudus FKIP BK 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

salam persahabatan