Sabtu, 22 Februari 2014

Kunci UN 2013/2014



Kunci UN 2014
Oleh Abu Nayya

Lebah indah – Ujian Nasional (UN) adalah sarana untuk evaluasi akademik siswa selama mengikuti proses belajar. Bukan ajang untuk menekan siswa agar mendapatkan kunci jawaban UN. Kenapa hal ini tertulis? Bukan menjadi rahsia lagi, jika setiap menjelang UN pasti siswa yang akan melaksanakan UN akan mencari kunci jawaban, bagaimanapun caranya. Dari yang mulai browsing di internet sampai satu sekolah iuran bareng untuk membeli yang namanya kunci jawaban.

Parahnya lagi ada sebagian guru maple UN yang menganjurkan siwanya untuk mencari koneksi teman yang sudah mendapatkan kunci jawaban UN tersebut. Aneh, tapi ini terjadi di pendidikan di Indonesia.


Hal ini terjadi bukan karena sebab, benar. Sebab yang utama adalah kurikulum yang di buat oleh pemerintah yang mengharuskan siswa harus mendapat nilai 5,5 contohnya. Nilai rapot hanya 20% bobotnya, contohnya. Dan ada pula sebab guru maple UN kan ketiban malu yang beratnya berjuta-juta Ton, jadi menghalalkan cara yang haram. Belum lagi siswa yang akan malu jika tidak lulus, akan malu juga jika ada satu saja siswa di sekolah yang tidak lulus.

Akibatnya mencarinya kunci jawaban, akibat buruknya lagi ada siswa yang bunuh diri sebab tidak lulus sekolah. Hal ini siapa yang salah? Pemerintah? Guru? Orang tua? Atau tulisan ini? Dalam hal ini jangan salahkan siswa, sebab dia berjuang untuk perbaikan.

Tulisan ini adalah otokritik bagi penulis yang bergelut dengan pendidikan sampai saat ini, mari berbenah, jangan sampai cita-cita yang baik, niat yang baik akan pudar kebaikannya dengan menjalankan nya dengan cara yang haram.

Majulah pendidikan Indonesia, salam perubahan lebih baik. Pantaskan diri.

*penulis adalah buruh pendidikan di Kudus, sednagn menempuh S1 di UMK Kudus, juga pemilik Lebah indah collection.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

salam persahabatan