Rabu, 12 Februari 2014

Pengertian Pendidikan dan Fungsi Pendidikan



Pendidikan dan Fungsinya
Oleh : Tain *

Pengertian pendidikan ada bermacam-macam, dari mana dia diartikan dan oleh siapa. Contohnya adalah sebagai berikut :
1.       Pendidikan adalah proses perubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan. (menurut WJS. Poerwadarminta 1985:702)
2.       Pendidikan adalah usaha pengembangan kualitas diri manusia dalam segala aspeknya. (menurut Tedi Priatna, 2004:27)
3.       Pendidikan adalah bimbingan jasmani dan rohani untuk membentuk kepribadian utama, membimbing keterampilan jasmaniah dan rohaniah sebagai perilaku konkret yang member manfat pada kehidupan siswa di masyarakat. (menurut Ahmad D. Marimba 1980 :45)

Dan masih banyak lagi pengertian pendidikan jika kita mau mebuka lagi literature buku tentang pendidikan di perpus tempat kalian belajar. Belum lagi para guru atau dosen kita yang akan mengeluarkan pendepat tentang pendidikan.

Sekarang apa fungsi dari pendidikan sendiri, Menurut Hasan Langgulung (1980:23) fungsi pendidikan ada 4 Yaitu :
1.       Fungsi edukatif, artinya mendidik dengan tujuan memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik agar terbebas dari kebodohan.
2.       Fungsi Pengembangan kedewasaan berpikir melalui proses transmisi ilmu pengetahuan.
3.       Fungsi penguatan keyakinan terhadap kebenaran yang diyakini dengan pemahaman ilmiah.
4.       Fungsi Ibadah, sebagai bagian dari pengabdian hamba kepada Sang Pencipta yang telah menganugerahkan kesempurnaan jasmani dan rohani kepada manusia.

Itu salah satu fungsi yang coba di share kan oleh Hasan Langgulung. Saya kira anda pun akan punya pendapat sendiri tentang pendidikan.

*: mahasiswa UMK (Universitas Muria Kudus) Fakultas Ilmu Pendidikan jurusan Bimbingan Konseling 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

salam persahabatan