Rabu, 16 Februari 2011

Manten Mubeng di Masjid Wali Loram


Barongsai tidak boleh mubeng Masjid Wali Loram, tetapi Kemanten Boleh he...
Manten Mubeng Gapuro Masjid Wali Loram Kulon

Bagi mereka yang menikah dengan orang Loram akan melaksanakan kegiatan yang satu ini. Yaitu berputar mengelilingi masjid/Gapuro Masjid Wali Loram Kulon. Ini dilakukan setelah pasangan mengucapkan Ijab qobul.

Hal ini dilakukan dengan harapan orang yang membangun bahtera rumah tangga dapat selalu dekat dengan Allah SWT, selalu beribadah KepadaNya, mendirikan sholat 5 waktu, dan selalu mendekat pada orang-orang yang sholeh. Ini sebagian filosofi/ lebih tepatnya harapan para orang tua dahulu. Sebab tradisi ini adalah warisan dari orang-orang tua dulu. Selagi itu baik dan tidak merusak tatana syariat Islam, tidak salah jika kita ikut melestarikannya.

Anehnya dari kegiatan Mubeng Gapuro ini, siapa saja yang mubeng gapuro baik tengah malam, pagi hari, siang hari dapat di pastikan akan di lihat orang lain. Ada apa di balik keanehan itu ? Mungkin biar pada tahu ea, bahwa orang ini dah manikah. Agar masyarakat dan pribadi masing-masing dapat menjaga kehormatan keluarga yang di bina. Wa allahu’alam.

Oleh Abu Nayya-Nongko Payak- Loram Kulon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

salam persahabatan