Kamis, 26 April 2012

Ilmu Bukan Sampah


Ilmu Bukan Tumpukkan Sampah

Lebah indah- Ilmu sangat istimewa di bandingkan dengan harta dunia. Sebab gambaran sederhananya adalah ilmu akan selalu bertambah bila kita berikan kepada oprang lain, dan tak akan berkurang. Tetapi harta akan habis bila kita belanjakan dan akan berkurang.

TAntangan didisi adalah bukan tentang Ilmu vs Harta tetapi tantangan terhadap ilmu itu sendiri. Yang mana ilmu itu akan bermanfaat bila ketika kita telah mendapatkannya lalu kita  mengamalkannya. Yang terjadi di akhir zaman ini adalah sebaliknya, kita mencari ilmu tetapi jarang dan bahkan tak pernah yang kita amalkan. Orang alim mengatakan “al ilmu bila amalin, kasajari bila samarin” ; “ilmu tanpa di amalkan ibarat pohon yang tak berbuah.”

Ilmu hanya di tumpuk seperti gunung, tanpa di sebarkan.Wabah ini sudah ada di lingkungan sekitar kita. Coba lihat para alim, para kyai yang masih melaksanakan perbuatan yang kurang pas dengan ajaran yang ada dalam al Qur’an, sunnah dan hikmah yang agung. Semoga saja fakta ini tidak benar terjadi, tetapi bila benar semoga tidak menjadi penyakit yang turun temurun hingga generasi penerus.
Salam perubahan, salam madu dari lebah indah. Zzztt…zzztt..zzzttt… (Abu Nayya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

salam persahabatan