Selasa, 03 April 2012

Internet Madu dan Racun Anak di Kudus


Plus Minus Internet Bagi Pelajar NU

(catatan untuk Expresi IPNU Jati Kudus Jawa Tengah Indonesia)

Lebah indah- Berbicara mengenai Internet di zaman ini sangat mengasikkan, sebab sudah sampai zamannya, zaman tekhnologi global.Yang mana informasi seprti ada di tangan dan super cepat menyebar. Kejadian hari ini dapat langsung tersebar di media internet ini dihari yang sama. BAndingkan dengan Zaman dahulu, untuk menyampaikan sebuah pesan atau peristiwa membutuhkan berhari-hari bahkan berbulan-bulan.

Yang penting dalam keadaan zaman seperti ini adalah sikap kita dalam menghadapi perubahan zaman dan teknologi ini, terutama bagi pelajar yang notabene adalah dan penerus generasi Indonesia kedepan. Mari kita perhatikan sisi positif dab negative sebuah Internet bagi pelajar, untuk bersikap lebih bijak dalam menggelutinya.

1. Sisi Positif Internet

a. Dapat mendapatkan informasi tentang Ilmu Pengetahuan lebih cepat, yang tidak dapat di temukan di sekolah karena literature buku yang kurang lengkap.

b. Tempat menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain. (contoh lewat : Blog, Web, FB, Tweet dll)

2. Sisi Negatif Internet

a. Mendapatkan informasi yang tidak mendidik (pornografi dll)

b. Pertemanan yang tak mengenal batas. (FB, Tweeter dll)

c. Game online yang tak mengenal waktu.

d. Boros waktu dan dana.(pulsa atau sewa di Warnet)

e. Terkena Radiasi gelombang elektromagnetik.(bila terlalu lama bergelut dengan Internet)

f. Menghilangkan budaya silaturrohim.(cukup lewat FB,tweet dll)

Tentunya masih banyak lagi plus minus dari sebuah internet.Yang mana saat ini sangat dekat dengan pelajar, yang di tunjang dengan HP di tangan, yang membuat dunia ada di genggaman, semua informasi yang baik dan buruk ada di tangan mereka. KApan mereka mau akan di dapat tanpa ada pengawalan.Pengawasan orang tua sangat berperan dalam perkembangan pelajar kita untuk menjadi baik atau buruk.

Internet itu bagaikan sebuah pisau yang memiliki dua buah sisi yang berbeda.Yang satu mata pisau yang tajam, yang satunya lagi mata pisau yang tumpul.TApi keduanya ada di dalam satu pisau, dan ada fungsinya masing-masing.

Internet juga sama, bisa menjadi bermanfaat dan bisa juga menjadi sangat buruk. Tinggal bagaiman kita menggunakan.Dan sebagai orang tua bagaimana bisa selalu mengawasi penggunaan internet bagi putra-putrinya.

TAk ada sebuah alat yang tak bermanfaat, semua bermanfaat, hanya saja kita lah yang menyebabkan itu bisa bermanfaat atau tidak bermanfaat yang ujungnya menjadi alat untuk memperburuk akhlaq dan pribadi kita.

Solusi mengenai plus minus Internet di kalangan pelajar adalah antara lain :

1. Bekali anak/ pelajar dengan akidah yang kuat dan benar. Beri pengetahuan dan pemahaman baik dan buruk, benar dan salah.(Etika)

2. Awasi selalu perkembangan anak/pelajar. Jangan pernah memberikan otoritas penuh pada anak/pelajar dalam bergaul dengan internet. Tetap dampingi para anak/pelajar dalam penggunakan internet.

3. Atur waktu dan dana untuk penggunaan internet. Jangan sampai melampaui batas. KApan waktu untuk belajar, beribadah, membantu ortu, bermain dll.

Jaga keluarga kita dari api nereka yang bisa ditimbulkan dari sebuah Internet. Ingat polesan setan ada di dalam mesin satu ini.Salam perubahan, berubah atau mati.Salam madu dan sengat. Zzzt…zzzt…zzztt….. (Abu Nayya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

salam persahabatan