Minggu, 15 April 2012

Wong Loram Kulon Punya Tradisi Mubeng Masjid

Tradisi Manten Mubeng Masjid Wali Loram Kulon Kudus

Lebah indah- Tradisi yang turun temurun sejak ratusan tahun silam ini sangat familiar bagi mereka yang menajalankan prosesi pernikahan.Akan terasa kurang lengkap dan aneh bila pernikahan tanpa mubeng masjid Wali.Baik pernikahan ini yang putra atau putrinya dari Loram Kulon.Lebih-lebih yang keduanya dari Loram.

Mubeng ini bukan berputar masjid melainkan hanya mengitari Gapuro yang ada di depan Masjid Wali ini. Konon tradisi ini dari Sultan Hadlirin yang ratusan tahun lalu sebagai sesepuh di wilayah Masjid ini. Hal ini di lakukan untuk mendapatkan barokah doa dari Sultan Hadlirin.

Tujuan dari Mubeng Masjid ini adalah untuk mengenalkan dan mendekatkan seseorang dengan Allah SWT yang di Implementasikan di RumahNya yaitu Baitullah Rumah Allah atau masjid.JAdi di harapkan seseorang yang mubeng ini menjadi insan yang rajin sholat ke masjid, beribadah kepada Allah SWT.

Ingin mubeng masjid Wali Loram Kulon, silahkan cari jodoh di Desa Loram Kulon, dan mengahrap doa dari sesepuh agar pernikahan berjalan langgeng dan bahagia selamanya.

Wallahu’alam. Salam perubahan, salam sengat dan madu. Zzztt…zzzztt..zzzttt.. (Abu Nayya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

salam persahabatan